10 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Psoriasis Arthritis

Welcome back to www.BlogAlami.com utak atik informasi kesehatan agar makin sehat.. salah satunya 10 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Psoriasis Arthritis . baca ingat ingat dan cegah.

10 Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Psoriasis Arthritis

Psoriatic arthritis diklasifikasikan sebagai salah satu spondyloarthropathies (sekelompok kondisi yang terkait dengan tulang arthritis ). Hal ini penting untuk secara akurat didiagnosis dengan arthritis psoriatik sehingga pilihan pengobatan dapat dipertimbangkan di awal perjalanan penyakit. Ada 10 hal yang harus Anda ketahui tentang psoriatic arthritis.

1 – Psoriatic arthritis adalah jenis arthritis yang berhubungan dengan penyakit kulit psoriasis.

Pada beberapa pasien, gejala yang berhubungan dengan arthritis psoriatik ringan. Pada pasien dengan penyakit ringan, gejala bisa datang dan pergi. Untuk pasien lain dengan arthritis psoriatik, perjalanan penyakit ini lebih gigih.

2 – Psoriasis arthritis dapat mempengaruhi setiap sendi di tubuh.

Biasanya, psoriatic arthritis mempengaruhi sendi besar ekstremitas bawah, sendi distal dari jari tangan dan kaki, serta punggung dan sacroiliac sendi . Ada 5 pola klinis psoriatic arthritis yang tidak saling eksklusif dan dapat berkembang dari satu ke yang lain:

  • monoarticular asimetris dan arthritis oligoartikular
  • arthritis polyarticular simetris
  • distal interphalangeal keterlibatan bersama
  • mutilans arthritis
  • aksial atau spondylitis Jenis
  • Setiap jenis dijelaskan dalam Arthritis psoriatik – Fakta Dasar

3 – Sekitar 40 persen pasien arthritis psoriatis memiliki riwayat keluarga psoriasis atau arthritis.

Pasien dengan keluarga riwayat psoriasis atau arthritis mendukung teori bahwa faktor genetik mungkin berkaitan dengan penyebabnya. Pemicu lingkungan juga mungkin memainkan peran. Sebagai contoh, psoriasis bisa dipicu oleh radang tenggorokan dalam beberapa kasus.

4 – Sekitar 15 persen orang dengan psoriasis akhirnya mengembangkan arthritis psoriatis.

Gejala-gejala psoriasis dan sendi kronis peradangan sering mengembangkan secara terpisah untuk pasien arthritis psoriatis. Pada 85 persen pasien psoriatic arthritis, gejala psoriasis berkembang sebelum gejala arthritis . Artritis berkembang sebelum psoriasis pada hingga 15 persen pasien psoriatic arthritis. Psoriasis dan arthritis dapat mengembangkan tahun terpisah.

5 – Psoriasis arthritis dapat didiagnosis sebagai gout atau rheumatoid arthritis.

Gout dan rheumatoid arthritis berbagi beberapa tanda-tanda dan gejala yang berhubungan dengan arthritis psoriatik. Tes harus dilakukan untuk menyingkirkan kondisi lainnya. Menyakitkan, bengkak sendi yang umum untuk semua tiga dari kondisi yang disebutkan. Kulit dan kuku perubahan yang konsisten dengan psoriasis bantuan untuk dijabarkan diagnosis. Biopsi kulit juga kadang-kadang diperoleh untuk membantu mendiagnosa psoriasis arthritis.

6 – Psoriasis arthritis, seperti rheumatoid arthritis, mungkin hanya perlu diobati ketika gejala timbul.

Ketika gejala mereda dan Psoriatic arthritis kurang aktif, dimungkinkan untuk menghentikan pengobatan untuk beberapa pasien sampai gejala muncul kembali. NSAID ( obat anti-inflamasi nonsteroid ) biasanya baris pertama pengobatan untuk arthritis psoriatik. DMARDs ( penyakit-memodifikasi obat anti-rematik ) dapat ditambahkan ke program perawatan. Obat biologis juga berada di antara pilihan pengobatan.

7 – Ada faktor yang merupakan prediksi prognosis yang lebih buruk untuk pasien psoriasis.

Prognosis untuk pasien psoriatic arthritis lebih buruk jika mereka memiliki:

  • keterlibatan kulit ekstensif
  • riwayat keluarga yang kuat dari psoriasis
  • jenis kelamin perempuan
  • onset penyakit pada lebih muda dari 20 tahun
  • ekspresi gen HLA-B27, HLA-DR3, HLA-DR4
  • polyarticular (yaitu, arthritis mempengaruhi beberapa sendi) atau arthritis erosif (yaitu, kerusakan sendi dari peradangan)

8 – Sekitar 2 persen dari populasi Kaukasia di Amerika Utara memiliki psoriasis. Dari orang-orang, 5 sampai 7 persen memiliki arthritis inflamasi dalam beberapa bentuk.

Menurut Arthritis Foundation, 95 persen orang dengan psoriasis arthritis telah bengkak pada sendi di luar tulang belakang dan lebih dari 80 persen memiliki lesi kuku. Psoriatic arthritis biasanya berkembang antara 30 sampai 50 tahun. Pria dan wanita tampaknya memiliki risiko yang sama untuk terkena psoriasis arthritis.

9 – Ada 50 kali lipat peningkatan risiko terkena psoriasis arthritis di keluarga tingkat pertama dari pasien yang memiliki penyakit.

Para peneliti juga telah menentukan bahwa pada kembar identik, ada 70 persen konkordansi (yaitu, tingkat kesamaan dalam sepasang kembar berkaitan dengan ada atau tidak adanya penyakit tertentu) untuk psoriasis. Menariknya, ada dua kali lipat peningkatan risiko transmisi psoriatic arthritis oleh ayah terkena dibandingkan dengan ibu yang terkena.

10 – Tidak ada tes laboratorium atau spesifik hasil X-ray menawarkan kriteria diagnostik definitif untuk psoriasis arthritis.

Tes laboratorium untuk peradangan nonspesifik (yaitu, sedrate dan CRP ) dapat meningkat ketika psoriatic arthritis aktif. Biasanya, pasien psoriasis arthritis adalah negatif untuk faktor rheumatoid . Jika faktor rheumatoid positif, mungkin kasus psoriasis dikombinasikan dengan rheumatoid arthritis, daripada kasus psoriasis arthritis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*